Saturday 11 May 2013

Gempa Guncang Iran



Sabtu, 11 Mei 2013 13:12 wib
 
TEHERAN - Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) mengguncang Iran tepat pada hari ini. Gempa itu menimbulkan sejumlah korban luka dan kerusakan yang cukup serius di wilayah pedesaan.

Titik pusat gempa berada di wilayah yang terletak sekira 85 kilometer dari Kota Minab. Dan gempa bumi itu terjadi pada pukul 02.08 dini hari.

Ketua Bulan Sabit Merah Iran Mahmoud Mozafar mengatakan bahwa 11 orang terluka dalam insiden itu. Mereka semua ada di lima desa yang terkena dampak dari bencana alam maut itu. Demikian, seperti diberitakan Fars, Sabtu (11/5/2013).

Pusat Seismologi Iran memperkirakan, akan ada gempa susulan sebesar 4,1 dan 5,2 SR yang akan muncul. Namun mereka belum bisa memastikan dengan pasti, kapan gempa susulan itu menyerang Negeri Persia.

Secara geografis, Iran terletak di wilayah yang rawan akan gempa bumi. Pada April lalu, Iran diguncang dengan gempa bumi berkekuatan 8 SR. Gempa bumi tersebut melukai puluhan warga Iran dan dinyatakan sebagai gempa bumi terbesar dalam 50 tahun terakhir ini.

Gempa maut itu juga dirasakan di Pakistan. Sekira 40 orang warga Pakistan dinyatakan tewas akibat bencana alam itu. Kebanyakan dari korban merupakan perempuan.

No comments:

Post a Comment